Jumat, 30 April 2010

Saluran Bawah Tanah


Untuk saluran bawah tanah sistem penyaluran tenaga listriknya akan dilakukan di bawah tanah sepanjang saluran yang digunakan adalah kabel tanah yang direntangkan sepanjang daerah beban yang dilaluinya. Bahan untuk kabel tanah pada umumnya terdiri atas tembaga dan alumunium. Sebagai isolasi dipergunakan bahan bahan berupa kertas serta perlindungan mekanikal berupa timah hitam. Untuk tegangan menengah sering juga dipakai minyak sebagai isolasi. Jenis kabel yangs sering digunakan adalah GPLK (Gewapend Papier Lood Kabel)atau NKBA (Normalkabel mit Bleimantel Ausenumheullung). Kabel ini jenis kabel minyak dengan bahan isolasi XLPE (Cross Linked Polyethylene). Jaringan bawah tanah direncanakan untuk kawasan dengan padat beban lebih tinggi, misalnya kota metropolitan atau kota kota besar. Untuk kawasan dengan padat beban sedang atau tidak seragam biasanya menggunakan jaringan campuran. Bagian bagaian kabel untuk melayani daerah industri, perdagangan dan kantor kantor. Penanaman kabel dapat dilakukan secara langsung atau memakai pipa pelindung. Pemakaian kabel tanah dengan pipa pelindung dilakukan untuk keperluan setempat, misalnya jaringan menyebrang sungai, instalasi didalam gedung dan lain lain. Selain itu penanaman dan perentangan kabel tanah didalam lubang yang telah digali perlu penanganan khusus, karena hal ini akan mempengaruhi umur maupun kemampuan kabel dalam penyaluran tenaga. Beberapa pertimbangan untuk kabel tanah dapat disebut seperti berikut.

Keuntungan atau kelebihan berupa:

  • Kabel tanah tidak terlihat, maka tidak mengganggu pemandangan atau lingkungan. Hal ini penting untuk kota yang padat penduduknya seta padat lalu1lintas kendaraan.
  • Pengoperasiannya lebih mudah karena tidak terpengaruh oleh hujan, petir, atau angin rebut.
Sedangkan kerugian atau kekurangan adalah :
  • Harganya yang tinggi, lebih lebih untuk tegangan yang tinggi.
  • Bilamana terjadi gangguan, tidak mudah untuk menemukan tempat gangguan terjadi. Lagipula, melakukan reparasi pada kabel yang rusak, sangat sulit karena mengganggu lalu1lintas kendaraan, sehingga menambah masalah kemacetan lalu1lintas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar